Perbedaan OS Mobile dari Android, BB, Windows phone dan iPhone

Terdapat Perbedaan OS Mobile dalam setiap Perangkat Samartphone yang tersedia saat ini. Dalam memilih smartphone anda haruslah bijak dalam menentukan OS nya. Tentu setiap OS memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Sistem operasi yaitu perangkat lunak pengolah yang menggunakan semua komponen dan fitur telepon. Sehingga memungkinkan Anda untuk melakukan tugas dan menggunakan aplikasinya. Sistem operasi menyatukan komponen perangkat keras dan memungkinkan mereka untuk bekerjasama, sehingga bisa digunakan oleh Anda.


Blackberry

OS BlackBerry merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan Research In Motion (RIM) yang berada di Kanada. OS ini digunakan hanya pada produk BlackBerry saja, sama halnya dengan OS iOS yang hanya digunakan untuk produknya sendiri. BlackBerry Messenger (BBM) adalah aplikasi chatting unggulan yang dimiliki oleh OS ini. Smartphone BlackBerry sempat populer di eranya, sebelum akhirnya kepopuleran tersebut dipatahkan oleh kehadiran Android.

Android

OS Android merupakan perangkat sistem yang di pasarkan oleh perusahaan raksasa search engine Google yang merambah ke pasar ponsel di tahun 2007. Dan saat ini menguasai pasar di seluruh dunia, perangkat ini open source bisa di gunakan di perangkat keras apa saja. Android menguasai pasar dunia dari mulai pengguna kelas bawah pengguna hingga kelas atas, di karenakan sistem open source yang bisa di gunakan semua ponsel dari yang murah sampai yang mahal.

iPhone

iOS dikembangkan oleh perusahaan Apple dan digunakan secara eksklusif pada gadget produksi Apple. Sama seperti sistem operasi Blackberry, iOS hanya bisa dipakai pada perangkat smartphone tertentu. Saat ini teknologi iOS mendukung performa perangkat mobile seperti iPad, Apple TV, dan iPod Touch. Versi terbaru operating system ini adalah iOS 6.

Windows phone

Windows Phone pada awal kemunculannya bernama Pocket PC lalu berubah nama menjadi Windows Mobile (2003) dan Windows Phone (2010). Sistem operasi ini dikembangkan oleh Microsoft Corp. dan digunakan untuk perangkat mobile buatan mereka. Versi terbaru OS smartphone Microsoft ini adalah Windows Phone 8.0 dan mendukung fitur Photo Streaming melalui SkyDrive.

1 komentar: